;

Polusi Udara Sebabkan Diabetes

Polusi udara bukan hanya buruk untuk pernafasan, tetapi ternyata juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab diabetes, demikian hasil sebuah penelitian di Denmark.
Para ilmuwan yang tergabung dalam penelitian tersebut menyebutkan polusi udara yang biasa dijumpai di daerah perkotaan dapat memicu resiko diabetes.
Peneliti melakukan penelitian dengan melihat data yang diambil pada sekitar 52ribu masyarakat berusia 50-65 tahun yang tinggal di dua kota terbesar di Denmark. Selama lebih 1 dekade, sekitar 3ribu orang (5,5%) terdiagnosa diabetes untuk pertama kalinya.
Peneliti menemukan orang yang tinggal di daerah kota dengan kadar nitrogen dioksida, senyawa kimia yang ditemukan pada asap knalpot kendaraan, yang tinggi disinyalir sebagai penyebab orang berisiko terdiagnosa diabetes hingga 4% dibandingkan dengan orang yang tinggal di daerah berudara lebih bersih.
Hasil penelitian menjelaskan orang-orang yang terkena diabetes akibat polusi udara kebanyakan pria berusia tua yang juga mengalami kelebihan berat badan dan perokok aktif atau mantan perokok.
Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Diabetes Care juga mengungkapkan polusi udara berdampak lebih besar pada orang-orang yang lebih sehat, dimana resiko diabetes sekitar 10-12% menyerang pada orang yang aktif dan tidak merokok.
Michael Brauer dari University of British Columbia, Kanada mengungkapkan bahwa polusi udara memiliki efek yang sama dengan asap rokok di pembuluh darah.
Brauer menjelaskan bahwa partikel-partikel polusi udara cukup kecil untuk masuk ke dalam aliran darah, yang berkontribusi pada peradangan di seluruh tubuh. Peradangan, pada gilirannya, dapat menyebabkan peningkatan risiko serangan jantung, stroke, gagal jantung dan sejumlah penyakit kronis termasuk diabetes dan asma.
Peneliti ini tidak serta hanya menyalahkan polusi udara sebagai penyebab risiko diabetes. Namun, faktor-faktor lain yang kerap dialami orang kota, seperti tingkat kemapanan dan stres bisa menjadi pemicunya.
Comment With:
OR

Tidak ada komentar:

 
Copyright © 2011. Mas Sonny . All Rights Reserved
Home | Facebook | Twitter | Fans Page | RSS
Design by Sonny Alexis